Kamis, 18 Februari 2010

BELAJAR DARI FOTO JADOEL

---------------------------------------
Foto-Foto tua selalu menarik bagi para pecinta barang Jadul , Bahkan untuk saya yang "rodo awam" memilki manfaat tersendiri, selain menikmati pemandangan dari foto tersebut , saya selalu memperhatikan pernak-pernik dan benda-benda dalam kurum waktu tahun tersebut.
Mungkin sebagian rekan sudah pernah melihat foto-foto dibbawah ini ..tapi ,Sengaja saya tampilkan kembali disini dengan maksud menampilkan "sekilas Potret" khusus Furniture Yang ada di negri kita di-kurun waktu antara 1920- 1930..
Foto diatas diambil di-sebuah sudut daerah Pelabuhan Tanjung Periuk , perhatikan kursi yang tertera dalam foto diatas, kalau sekarang kursi demikian kita kenal dengan salah satu model 'Kursi Lenong' kita tau bahwa kursi ini terdiri dari satu buah Meja dengan 4 buah kursi "single Chair" dan tidak ada kursi panjangnya...sayang sekali Mejanya ini tidak terlihat dengan Jelas.
Ini Foto di sebuah perkantoran Di Buitenzorg - Bogor, Sama seperti diatas kursi ini umumnya sekarang kita taunya masih "kursi Lenong" perhatikan Jarak sandaran lengan, yang relatif "Tinggi".... dan Mejanya juga sederhana saja.
Foto Menarik, Bagian latar kelihatannya sebuah sketsel dua Daun , tapi juga berfungsi sebagai Kapstok yang menggunakan Keramik pada bagian atas dan bawahnya , sedangkan Meja dengan lubang ditengahnya dan berkaki tambang adalah Meja unutk cuci muka, biasanya baskom terbuat dari tembaga yang bisa diangkat-pasang.
Ini Foto Kantor Telegraf tahun 30 an di Jlan Sabang, selain Meja danKursi Putarnya, Dibagian kiri atas juga terdapat sebuah Jam R.A ukuran kecil...
Untuk Foto diatas perhatikan Furniture-Furniture-nya berbeda sekali gaya , kwalitas dan stlyenya. Disini kelihatan mereka menggunakan Furniture2 yang lebih "berkelas " dibanding Foto-Foto terdahulu pada saat itu.. Tak mengherankan karena Foto diatas adalah gambaran salah satu Bank yang cukup besar saat itu di "Paris Van Java" Bandung....
Foto-Foto tua seperti juga Benda Antik itu sendiri : Selalu menarik untuk dilihat, walupun seringkali tidak dapat kita mililki....
-------------------------------------------------------------------------------