Kamis, 27 Februari 2014

Gelas Kristal PB X -SOLD-





Gelas Wine dengan lambang Pakubuwono X berbahan Crystal buatan Perancis  tinggi sekitar 13-cm serta garis tengah lingkar terbesarnya sekitar 9-cm.   Lambang Kebesaran PB X dicukit dengan semburat Warna merah di tangkai Gelasnya. Masih dalam kondisi baik, tidak ada cuil ataupun retak.

-SOLD-

Celadon Tea Set Biji Mentimun -SOLD-








Satu set Lengkap Peralatan minum Teh Warna Celadon buatan China Era Republik, terdiri dari satu buah Poci serta lima buah mangkuk Kecil diatas tatakannya. Bertema Burung Hong dengan hiasan ornamen biji Mentimun . Ornamen Burung Hong pada Poci dan Tatakannya timbul bila diraba. Tinggi Poci sekitar 17-cm dengan tinggi cawan sekitar 5-cm sedangkan Tatakannya bergaris 20-cm. Masih dalam kondisi baik hanya cuil sebesar ujung beras pada bagian tatakannya. 



Rp.650.000,-
belum Packing dan Ongkir
-SOLD-

Senin, 24 Februari 2014

Cangkir Antik "Eggshell Porcelain" Jepang










Eggshell Porcelain - "Kramik Cangkrang Telur" mungkin kata yang paling tepat untuk menyebut Perabot Porselein yang Tipiiis sekali, yang sesekali kita temukan. Eggshell Porcelain sendiri konon pertama kali dibuat di Cina pada jaman Ming Dinasty pada masa pemerintahan Kaisar Yongle (1402-1424)

Cangkir diatas Cangkir  teh buatan Jepang, Tipis dengan glansir Putih khas jepang. Hand Painted dengan Figur Orang Flora dan bunga-bungaan diwarnai khas Jepang . Ada chips dan hair line seperti tampak pada gambar karena usia cangkir yang tampaknya tidak muda. Pada bagian dasar cangkir serta tutupnya terdapat Marking Huruf kanji. Dengan dimensi garis tengah 9-cm serta tingginya sekitar 7-cm berikut tutupnya. Cangkir Antik yang memang tidak ada lepeknya ini menawan untuk di koleksi.

Rp. 350.000,-
belum Packing dan Ongkir

Jumat, 14 Februari 2014

Vas Mini Antik 1917- Solid Silver -SOLD-












Vas Bunga Kecil jaman Belanda sekitar tahun 20-an.  Tingginya hanya 9-cm saja, dipenuhi Ukiran tiga dimensi yang benar-benar halus dan detail.  Pola Ukir Flora nya luwes  dan rapih, khas Eropa tempoe Doeloe. Di sisi Depan dan  Belakang nya dihiasi ukiran Pemandangan Tari-tarian serta sekumpulan lelaki yang sedang Minum-minum di sebuah Meja.

Terbuat dari Perak solid Kadar 0,833 beratnya sekitar 112-g dan dikerjakan tanpa ada sambungan.  Hanya bagian dasar kaki-nya tidak rata bila diletakan sedikit tidak pas sekali untuk berdiri, dapat dimaklumi dalam usianya yang hampir 100 tahun.

Susunan Marking berderet seperti diatas adalah susunan Marking yang biasa digunakan di Belanda dari tahun 1814 sampai 1953.




1.    Gambar Singa adalah Marking penunjuk bahwa barang terbuat dari bahan Solid Silver
1a.   Cukilan gambar kunci adalah kode barang untuk pasaran export, menyangkut pajak dan harga barang
1b.   Angka 2 adalah kode untuk Perak kadar 0,833

2.     Lambang kepala Minerva dengan huruf A dibagian Topinya adalah kode Kota asal pembuat : Amsterdam.
3      H  :   Adalah kode tahun pembuatan ,  1917
4      Logo  Pembuatnya.


Sebuah karya seni  Autentik barang Tua. Koleksi Eksklusive. ditwarkan tanpa tatakannya.


-SOLD-

Maurice Wolf Soerabaia-Batavia - INVAR Solid Silver 1930-an. SOLD











Jam Kantong Merk Invar dengan marking "Maurice Wolf" -   "Soerabaia-Batavia-Medan" Di dialnya .Berfungsi Normal dengan Casing model Half Hunter yang terbuat dari Perak solid 0,925. Kondisi ada retak rambut pada enamel dialnya seperti tampak pada gambar, serta sedikit bintik penyok pada bagian luar tutup mesinnya. Lainnya masih dalam keadaan orisinil. Di bagian dalam tutup belakang terdapat Marking C.M.I singkatan dari "The Compagnie des Montreas Invar" menandakan Casingnya masih bawaan-nya. Jam-Jam Kantong seperti ini dahulu diproduksi sebagai alat promosi Firma atau Perusahaan Impotirnya.

Merk Invar sendiri yang bagi sebagian orang tidak sefamiliar Cyma, Zenith ataupun Omega ternyata sebuah merk yang cukup terkenal di Masanya.

Achille Hirsh

Charles Édouard Guillaume

Achille Hirsh salah seorang Pengusaha Jam terbesar yang memproduksi belasan merk jam di awal tahun 1900-an. Ditahun 1902  perusahaannya termasuk salah satu perusahaan pertama-tama di Swiss yang memproduksi Jam Tangan. Menurut www.watch-pop.com Invar - Manufacture The Compagnie des Montreas Invar di mulai tahun 1904.

Invar sendiri sebenarnya adalah nama sebuah senyawa Logam campuran bahan metalaloy Ringan yang memiliki kelebihan antara lain lebih tahan akan perubahan  cuaca, Senyawa ini ditemukan oleh seorang Ilmuwan yang secara kebetulan juga seorang anak Horolloger asal Jura : Charles Édouard Guillaume.
( Penemuan Invar memberikan Hadiah Nobel baginya pada tahun 1920 )  Bahan inilah yang digunakan sebagai komponent utama jam kantong Invar.

Penggunaan merk "Invar" pada Jam-Jam Produksi "The Compagnie des Montreas Invar"  ingin membuktikan bahwa bukan saja tehnolginya, tapi juga bahan baku jam ini ditunjang oleh penggunaan Metal terbaik saat itu.

INVAR Repeating Pocket Watch

Di Indonesia ( Ned Indie ) INVAR di pasarkan oleh Maurice Wolf . Seorang Pedagang dan Importir Perhiasan di Surabaya. Menurut "Wikipedia" di Tahun 1921 (-pada saat Ulang tahun V. Arcken & Co yang ke 61-)  Maurice Wolf adalah salah satu 
dari 10 Pesaing  "Van Arcken & Co" yang dalam 10 tahun terakhir berkembang dengan pesat.



Maurice Wolf  Membuka Usaha Awalnya   di daerah Pintu Besar Surabaya di-tahun 1894 dan terus berkembang ke-Batavia, Semarang  (1919-1924) dan terakhir di kota Medan.

Sumber : 
www.watch-pop.com Invar
www.wikipedia.com
www.mb.nawcc.org/INVAR POCKET WATCH
www.catalog.antiquorum.com/
dll.

Jam Kantong Invar dari-Achille Hirs-terbukti dikemudian hari memiliki nilai lebih di mata  kolektor jam Kantong .. keunikannya terlihat antara lain di " adjustment wheel" nya yang tampak berbeda dari jam lainnya ( berbentuk bulan sabit ).

SOLD

Minggu, 09 Februari 2014

Kotak Trembalo Batu Tinta -SOLD










Kotak Kayu Trembalo tempat Penyimpanan Batu Tinta dari Era Kekaisaran Qing dengan ukuran  12,5-cm x 9-cm x 2-cm .sudah di bersihkan bagian luarnya , tampak berkilau seperti melamik. Sedangkan bagian dalamnya dibiarkan untuk tetap memperlihatkan usianya. Trembalo adalah kayu dari daratan Cina , yang banyak di gunakan di Era Kekaisaran Ming dan Qing.

Batu Tinta peralat Tulis Cina yang sudah digunakan sejak lama,  Menggunakannya dengan cara Memberikan beberapa tetes air dan menggosokan Inkstick secara perlahan-lahan beberapa saat. hasil campuran gerusan Inkstick tersebut lah yang digunakan sebagai tinta untuk menulis Kaligraphy China. 

Sebagai Sarana Tulis waktu itu,  Batu Tinta  juga  di buat untuk mudah dibawa-bawa. Di buatkan Wadah/ Kotak agar terlindung ketika dalam Perjalanan. 

Batunya berdimensi 10-cm x 7-cm x 1,3-cm ada dua buah cuil , serta retak pada satu sisi kayunya ,pada salah satu sisi batu terdapat marking  seperti tampak pada gambar.

-SOLD-