Selasa, 29 September 2015

Cangkir Tua -SOLD-










Cangkir Jepang Porselen tipis ( sekitar 1-mm saja ) Warna 'Iron Green'. Tatakannya lebih kecil dari perbandingan cangkir biasa . Garis tengah Cangkir 8,5-cm sedang Lepeknya 11-cm. Ada retak rambut di dua tempat seperti tampak  anak panah merah pada gambar. Tampak Corak dibuat kombinasi transfer Printing dan Lukis Tangan. 

SOLD
belum Ongkir

Minggu, 27 September 2015

Sepasang Pigura Miniatur Korean Mask







Sepasang Pigura Souvenir Korea tahun 1991 - Berisi Topeng-Topeng Opera Tradisional Korea yang dibuat dari Gimpsump , disusun rapi dengan Bingkai Kaca Model Aquarium menggunakan Pigura yang terbuat dari kayu. Masing-Masing Topeng diberi keterangan Nama dan keterangan lainnya.  Ukuran Panjang 31-cm lebar 26-cm Tebalnya 3,7 mm. Masih dalam keadaan Baik sekali. 

Rp. 250.000,-/keduanya.
belum Ongkir.

5 buah Sendok Teh Cloisone -SOLD-








Lima buah sendok Teh Kuningan hias Cloisone  . Batangannya Padat terasa agak berat. Panjang sendok sekitar 12-cm. Kondisi tampak seperti pada gambar.. relativ masih dalam keadaan baik.

-SOLD-
belum Ongkir

Minggu, 20 September 2015

Botekan Peranakan (3) -SOLD-


















Foto Botekan Candi-Cermin-dan Ukuran besar, di Zaman Indie

Botekan Pranakan Ukuran Tengah, Prodo Gincu. Ukuran sekitar 50-cm x 28-cm tinggi 35-cm. Ada beberapa perbaikan , perhatikan gambar , tapi secara keseluruhan Botekan ini masih dalam kondisi sangat baik.

-SOLD-

Senin, 14 September 2015

Gajah Mini Soap Stone -SOLD-







Sepasang Gajah Mini Orientalan, terbuat dari Soap stone. Barang Vintage atau mungkin tua, tanpa Marking dengan ukuran mini , Panjang sekitar 5-cm tinggi hanya 3 cm lebih.

-SOLD-

Jumat, 11 September 2015

INVAR Solid Gold 14K - PB.X -SOLD









Jam Kantong.Merk Invar dengan marking "Maurice Wolf" -   "Soerabaia-Batavia-Medan" Di dialnya . Solid Gold 14 k ( tidak berikut Kaitan dan Rantainya. ) Produksi tahun-tahun 30-an . dengan Model "Half Hunter" Berjalan Normal dengan Akurasi yang sangat baik. Hanya saja tenrtunya karena usia enamel terdapat cacat berupa Cuil dan Hairline seperti tampak pada Gambar. Ke Istimewaan Jam ini terletak pada bagian penutup belakang dimana terdapat Marking ( tepatnya Grafir PB X ) 

Sebuah Grafir Tua, dilihat dari guratannya dalam Foto zoom ( klik gambar untuk memperbesar gambar ) , tampaknya grafir lokal tempo doeloe, dangkal dan tidak terlalu rapih. Mungkin bukanlah pesanan Pribadi Susuhunan PB X , Tapi Fakta bahwa Jam Kantong Emas hanya beredar di kalangan Sosial strata tertentu ditahun-tahun tersebut tetap saja memungkinkanya sebagai Inventaris lingkungan kraton Surakarta. 

Di bagian dalam tutup belakang terdapat Marking C.M.I singkatan dari "The Compagnie des Montreas Invar" menandakan Casingnya masih bawaan-nya. Jam-Jam Kantong seperti ini dahulu diproduksi sebagai alat promosi Firma atau Perusahaan Impotirnya.

Merk Invar sendiri yang bagi sebagian orang tidak sefamiliar Cyma, Zenith ataupun Omega ternyata sebuah merk yang cukup terkenal di Masanya.

Achille Hirsh salah seorang Pengusaha Jam terbesar yang memproduksi belasan merk jam di awal tahun 1900-an. Ditahun 1902  perusahaannya termasuk salah satu perusahaan pertama-tama di Swiss yang memproduksi Jam Tangan. Menurut www.watch-pop.com Invar - Manufacture The Compagnie des Montreas Invar di mulai tahun 1904.

 Achille Hirsh
Charles Édouard Guillaume

Invar sendiri sebenarnya adalah nama sebuah senyawa Logam campuran bahan metalaloy Ringan yang memiliki kelebihan antara lain lebih tahan akan perubahan  cuaca, Senyawa ini ditemukan oleh seorang Ilmuwan yang secara kebetulan juga seorang anak Horolloger asal Jura : Charles Édouard Guillaume.
( Penemuan Invar memberikan Hadiah Nobel baginya pada tahun 1920 )  Bahan inilah yang digunakan sebagai komponent utama jam kantong Invar.

INVAR Repeating Pocket Watch

Penggunaan merk "Invar" pada Jam-Jam Produksi "The Compagnie des Montreas Invar"  ingin membuktikan bahwa bukan saja tehnolginya, tapi juga bahan baku jam ini ditunjang oleh penggunaan Metal terbaik saat itu.

Di Indonesia ( Ned Indie ) INVAR di pasarkan oleh Maurice Wolf . Seorang Pedagang dan Importir Perhiasan di Surabaya. Menurut "Wikipedia" di Tahun 1921 (-pada saat Ulang tahun V. Arcken & Co yang ke 61-)  Maurice Wolf adalah salah satu 
dari 10 Pesaing  "Van Arcken & Co" yang dalam 10 tahun terakhir berkembang dengan pesat.


Maurice Wolf  Membuka Usaha Awalnya   di daerah Pintu Besar Surabaya di-tahun 1894 dan terus berkembang ke-Batavia, Semarang  (1919-1924) dan terakhir di kota Medan.


Sumber : 
www.watch-pop.com Invar
www.wikipedia.com
www.mb.nawcc.org/INVAR POCKET WATCH
www.catalog.antiquorum.com/
dll.

Jam Kantong Invar dari-Achille Hirs-terbukti dikemudian hari memiliki nilai lebih di mata  kolektor jam Kantong .. keunikannya terlihat antara lain di " adjustment wheel" nya yang tampak berbeda dari jam lainnya ( berbentuk bulan sabit ).

-SOLD-