Rabu, 23 Desember 2015

Pipa Candu ( Marking ) -SOLD-
















Sejarah Mencatat Candu ( Opium ) Pernah Menjadi Barang Legal di beberapa Negara, di akhir abad 19 dan Awal abad 20, termasuk juga di Indonesia ( Ned-Indie ) . Tragedi Kemanusiaan ini digunakan sebagai Salah Satu alat Penguasaan Perdagangan serta untuk  Memperkuat Sistem Kolonialisme . Hal ini terus berlangsung  hingga Pecahnya "Perang Candu". 

Menembus segala lapisan Strata Masyarakat , dalam waktu singkat Candu menjadi bagian hidup mewah kalangan atas pada waktu itu. Peralatan Candu Menjadi Lambang Status Pemakainya. Coba tengok Foto-Foto dibawah ini yang menyertakan alat Hisap Candu sebagai Penghias Latar Belakang sekaligus memperlihatkan Status Ekonomi mereka.




Kini, Pernak-Pernik Perlengkapan Candu , banyak dikoleksi oleh Para Kolektor di berbagai negara.

Pipa Candu berukuran 30-cm , beraksesoris lengkap, serta ber- marking , dengan kondisi masih baik. Dengan Lukis Grafir bertema burung dan Flora di kedua sisinya. Di tawarkan tidak berikut Tatakannya.

-SOLD-

Selasa, 22 Desember 2015

Jam Kantong "Toko Jacobson" -SOLD-










"Tidak banyak lagi yang mengenal NV Jacobson van den Berg. Padahal, perusahaan dagang Belanda yang dinasionalisasi pada tahun 1957 (pada masa Bung Karno) itu merupakan salah satu perusahaan raksasa yang punya jaringan tersebar di seluruh dunia dan memiliki cabang di seluruh kota di Nusantara.

Didirikan di Amsterdam pada 1 Juni 1860, Jacobson van den Berg, yang bergerak di bidang asuransi dan industri, memiliki kantor di Toko Merah, Jl Kalibesar 111, Jakarta Barat. Ia merupakan salah satu dari The Big Five (lima perusahaan raksasa milik Belanda), selain Internatio, Lindeteves, Borsuimy dan Geo Wehry. The Big Five membentuk sebuah trading house yang kuat dan menguasai jaringan bisnis perdagangan, produksi, jasa, industri, serta distribusi di berbagai negara." ( dikutip dari :https://alwishahab.wordpress.com/2008/03/26/jacobson-van-den-berg/

Sebuah Jam Kantong  Ukuran 43 mm dengan Marking Toko Jacobson  . Ada Hairline memanjang ke dan chips kecil di angka 3 . Mesin jalan kondisi Normal.  terdapat Tutup Mika melindungi mesin dari Debu, serta Grafir dengan tulisan "Lie Yauw Ming" mungkin nama Pemilik terdahulu/ lamanya.


-SOLD-

Senin, 21 Desember 2015

Ukiran Naga dan Burung Hong










Bukan barang tua tapi ukirnya dibuat dengan Cita Rasa seni yang baik . Bahan Kayu - bukan triplex - tanpa tempelan, tampaknya  di -tatah baru kemudian diberi warna.  detail dan luwes, gradasi pewarnaan gaya Jawa Timuran, serta motifnya Naga  dan Burung Hong merupakan campuran kebudayaan Cina dan Jawa.

Menarik untuk dijadikan Pajangan, untuk memberikan nuansa Pranakan, Gambar paling bawah adalah Foto ukiran pada saat diperoleh, dibersihkan agar terbebas dari debu dan nyaman dijadikan pajangan didalam rumah. Garis Tengah 31-cm.

Rp.350.000,-
belum Ongkir.

Rabu, 16 Desember 2015

Netsuke (01) -SOLD-








Netsuke, Figure Orang , terbuat dari Gading dengan tinggi sekitar 5-cm. Dibuat dengan detail dan halus. Tanpa retak ataupun perbaikan.

-SOLD -

Okimono (01) -SOLD-







Okimono, Patung Jepang ukuran Mini , tingginya sekittar 5-cm, terbuat dari bahan Gading, karena desain, corak dan besarnya , sebagian orang menyamaratakan nya dengan sebutan Netsuke saja. Dibuat dengan detail dan Halus, tanpa cacat ataupun perbaikan.

-SOLD-