Selasa, 11 Juni 2013

Medali Djuara dari Jajasan Pangeran Sumedang



Medali dengan Gambar Kepala seekor Sapi dan seuntai Kapas serta Padi dikiri kanannya. Tulisan dibaliknya masih menggunakan ejaan lama " Jajasan" "Pangeran - Sumedang" .  Garis tengah Medali 39-mm.

Yayasan Pangeran Sumedang :

Yayasan yang didirikan tahun 1950 dengan nama awal “ Jajasan Pangeran Aria Suria Atmadja      J-
PASA) ini pada tahun 1955 barulah menggunakan nama Jajasan Pangeran Sumedang yang mengurus Wakaf Barang dan benda benda Pusaka Kanjeng Pangeran Aria Soeraia Atmadja Bupati Soemedang 1882-1919. Pada tahun 1973 Yayasan ini membangun Museum Wargi yayasan Pangeran sumedang yang awalnya khusus untuk Wargi keturunan dan leluhur Pangeran Sumedang saja.

Kini Museum Yayasan Pangeran Sumedang yang memang satu komplek dengan Kantor Pemrintah Daerah Sumedang sejak 1974 ini diubah namanya menjadi "Museum Prabu Geusan Ulun -YPS " dengan nama yang diambil dari Raja  terakhir dan paling kharismatik Prabu Geusan Ulun .

Gedung Srimanganti

Museum yang penuh dengan pusaka-pusaka Luar biasa indah ini berdiri juga tak luput dari Bantuan Ex Gubernur DKI  Ali sadikin, yang terkenal sebagai pemerhati kesenian dan budaya yang juga berasal dari Sumedang.

Medali ini merupakan bukti keaktifan Yayasan tersebut jauh hari sebelum berdirinya Museum Prabu Geusan Ulun YPS. - Sumedang.

Lihat Juga : http://museumgeusanulun.blogspot.com/ ....Menarik.

Rp. 250.000,-