Jumat, 14 Februari 2014

Maurice Wolf Soerabaia-Batavia - INVAR Solid Silver 1930-an. SOLD











Jam Kantong Merk Invar dengan marking "Maurice Wolf" -   "Soerabaia-Batavia-Medan" Di dialnya .Berfungsi Normal dengan Casing model Half Hunter yang terbuat dari Perak solid 0,925. Kondisi ada retak rambut pada enamel dialnya seperti tampak pada gambar, serta sedikit bintik penyok pada bagian luar tutup mesinnya. Lainnya masih dalam keadaan orisinil. Di bagian dalam tutup belakang terdapat Marking C.M.I singkatan dari "The Compagnie des Montreas Invar" menandakan Casingnya masih bawaan-nya. Jam-Jam Kantong seperti ini dahulu diproduksi sebagai alat promosi Firma atau Perusahaan Impotirnya.

Merk Invar sendiri yang bagi sebagian orang tidak sefamiliar Cyma, Zenith ataupun Omega ternyata sebuah merk yang cukup terkenal di Masanya.

Achille Hirsh

Charles Édouard Guillaume

Achille Hirsh salah seorang Pengusaha Jam terbesar yang memproduksi belasan merk jam di awal tahun 1900-an. Ditahun 1902  perusahaannya termasuk salah satu perusahaan pertama-tama di Swiss yang memproduksi Jam Tangan. Menurut www.watch-pop.com Invar - Manufacture The Compagnie des Montreas Invar di mulai tahun 1904.

Invar sendiri sebenarnya adalah nama sebuah senyawa Logam campuran bahan metalaloy Ringan yang memiliki kelebihan antara lain lebih tahan akan perubahan  cuaca, Senyawa ini ditemukan oleh seorang Ilmuwan yang secara kebetulan juga seorang anak Horolloger asal Jura : Charles Édouard Guillaume.
( Penemuan Invar memberikan Hadiah Nobel baginya pada tahun 1920 )  Bahan inilah yang digunakan sebagai komponent utama jam kantong Invar.

Penggunaan merk "Invar" pada Jam-Jam Produksi "The Compagnie des Montreas Invar"  ingin membuktikan bahwa bukan saja tehnolginya, tapi juga bahan baku jam ini ditunjang oleh penggunaan Metal terbaik saat itu.

INVAR Repeating Pocket Watch

Di Indonesia ( Ned Indie ) INVAR di pasarkan oleh Maurice Wolf . Seorang Pedagang dan Importir Perhiasan di Surabaya. Menurut "Wikipedia" di Tahun 1921 (-pada saat Ulang tahun V. Arcken & Co yang ke 61-)  Maurice Wolf adalah salah satu 
dari 10 Pesaing  "Van Arcken & Co" yang dalam 10 tahun terakhir berkembang dengan pesat.



Maurice Wolf  Membuka Usaha Awalnya   di daerah Pintu Besar Surabaya di-tahun 1894 dan terus berkembang ke-Batavia, Semarang  (1919-1924) dan terakhir di kota Medan.

Sumber : 
www.watch-pop.com Invar
www.wikipedia.com
www.mb.nawcc.org/INVAR POCKET WATCH
www.catalog.antiquorum.com/
dll.

Jam Kantong Invar dari-Achille Hirs-terbukti dikemudian hari memiliki nilai lebih di mata  kolektor jam Kantong .. keunikannya terlihat antara lain di " adjustment wheel" nya yang tampak berbeda dari jam lainnya ( berbentuk bulan sabit ).

SOLD