Kamis, 01 November 2012

Lukisan Hardboard Eropa














Sewaktu saya kecil seringkali ikut bersama orangtua berkunjung kerumah kerabatnya di bilangan Menteng Jakarta Pusat. Rumah  Peninggalan Belanda yang tertata rapih dengan nuansa Eropa yang kental sekelilingnya dipenuhi jendela-jendela yang dihiasi  kaca Patri . Begitu juga bagian dalamnya dipenuhi meuble-meuble lama : Raffles dan Vanderpool.

Ada yang menarik bagi saya pada saat mengingat beberapa  Lukisan yang terdapat disana, yaitu Lukisan-Lukisan  Eropa yang ukurannya  kecil-kecil dengan bingkainya yang terlihat menarik. Biasanya lukisan-lukisan yang saya lihat berukuran besar-besar. Sesuatu yang tidak sering saya lihat pada waktu itu.

Lukisan diatas mengingatkan saya pada lukisan-lukisan yang saya lihat dulu, dengan bingkai terbuat dari semacam Gimpsum berwarna Emas ( ada chips seperti pada gambar ). Tidak ada signed apapun , tetapi Warna, Tema serta bahannya menandakan lukisan ini cukup tua ( menurut pemilik lamanya sudah ada sejak jaman Londo ). Terlepas dari itu semua lukisan ini menarik menurut saya. Ukuran Lukisannya 20 x 29-cm, sedang bila diukur berikut Framenya sekitar 33 x 40-cm. Di-lukis diatas Hardboard.

Menteng yang mendapat julukan  "Europe Burst" ( Kawasan Eropa ) pada waktu jaman Belanda, adalah kota Taman Pertama di Batavia yang pembangunannya meniru daerah Minerva di Amsterdam  . Didirikan oleh Arsitek Belanda P.A.J Moojen ( Wafat 1955) dengan Perusahaan real estatenya  "Bouwploeg" - yang kemudian hari sering diucapkan "Boplo" sekitar tahun 1920-1940.

Rp. 3,850,000,-
belum Packing dan Ongkir