Kamis, 16 Mei 2013

Tutup Cangkir (Era) Mangkunegaran IV ( 1853-1881 ) -SOLD-









Sebuah Tutup Cangkir Mangkunegaraan berbahan Alpaca kemungkinan Lapis Perak mungkin juga tidak, ukuran nya lebih besar dari rata-rata tutup cangkir jaman sekarang . Garis tengahnya 10-cm. Ber-ornamen grafir halus, bernuansa Eropa Tempo Doeloe. Dibuat tanpa sambungan / bantuan sekrup pada puting bagian atasnya, serta mengambil rupa bunga Cengkih sebagai Rempah-Rempah dan Kemewahan. Kondisinya masih Relativ baik , tidak ada perbaikan , hanya sedikit Din seperti tampak pada gambar no 2 dari bawah, masih dalam kondisi amat wajar .

Menurut Hubert Herald Lambang Mangkunegaraan yang selalu menggunakan Letter MN awalnya amat kental dipengaruhi nuansa Eropa , Huruf MN menggunakan Letter Latin. Mahkota diatas baru meggunakan Mahkota  Jawa pada Era MN IV diambil dari Mahkota Tokoh Pewayangan Basukarna.
Huruf Letter MN yang bertumpuk dengan French Letter  tampaknya terakhir digunakan pada Era ini.  Seterusnya Huruf MN dipisah berjajar hingga kini ( sumber /dan lihat juga : http://www.hubert-herald.nl/IndoMangkunegaran.htm )


Keraton Mangkunegaraan yang Gigih melawan belanda dengan Raja Pertamanya yang Legendaris kharismatik Pangeran Samber Nyowo, merupakan bagian dari sejarah Indonesia.

-SOLD-